5 Quote Inspiratif dari Film Legendaris Hollywood

Dalam menjalani kehidupan, kita bisa mengambil inspirasi dari mana saja. Mengambil pelajaran dari mereka yang lebih senior, lebih berpengalaman, hingga pada orang-orang yang memang ahli dalam bidangnya.

Selain itu, kita pun bisa mengambil pelajaran dari media semacam buku dan film. Khusus yang terakhir, bahkan ada banyak film yang menyisipkan wejangan berharga dalam dialog antar-tokohnya. Melalui 5 film legendaris Hollywood ini, saya akan mengajak kalian untuk merenungi wejangannya sambil mencoba menerapkannya dalam kehidupan.

1. With great power, comes with big responsibility – Spiderman

Para penguasa atau tampuk pimpinan perlu mengamalkan quote sakti ini (comicvine.com)

Kalimat yang diucapkan oleh paman Ben kepada Peter Parker di film Spiderman ini mempunyai makna yang amat dalam. Bersama dengan datangnya kekuatan yang besar, maka akan semakin besar pula tanggung jawab yang harus kamu pikul. Bagi kalian yang mendapat kesempatan untuk mempunyai kekuatan atau kekuasaan (misalkan presiden, manajer perusahaan, dan lain sebagainya), maka ada tanggung jawab besar dan amanah yang harus kalian jaga selalu. Sekali kalian mengkhianatinya, maka kekuatan besar itu bisa berbalik menjeratmu.

2. If you good at something, never do it for free – The Dark Knight

Betul bahwa Joker dalam film ini adalah tokoh antagonis. Namun kita tentu bisa mengambil hikmah pula darinya. Menurut Joker, jangan melakukan sesuatu secara gratis jika kamu ahli dalam hal itu. Tanpa bermaksud materialistis, kalimat dari Joker tersebut perlu kamu terapkan dalam pekerjaan yang memerlukan keahlianmu. Misalkan saja kamu adalah seorang fotografer handal, maka jangan pernah bersedia memberikan gratis jasamu begitu saja.

Jadilah profesional kalau kau ingin sukses (geckoandfly.com)

Konsumen juga perlu dididik bahwa keahlianmu itu tidak kamu dapatkan dalam semalam, jadi perlu ada upah yang layak untuk hasil yang sebanding. Sorry to say, bagi saya, orang yang selalu meminta harga teman atau berkata “yaelah segini doang masa mahal banget sih?” adalah orang-orang tidak tahu diri yang tak perlu didengarkan omongannya.

3. Life was like a box of chocolate, you never know what you’re gonna get – Forrest Gump

Jangan remehkan orang yang memiliki keterbelakangan mental, karena Forrest Gump yang idiot saja bisa jadi sukses dan memberikan petuahnya (geckoandfly.com)

Meski di dalam filmnya tokoh Forrest Gump adalah seorang pria yang memiliki keterbelakangan mental, namun ia toh bisa hidup sukses. Itu semua berkat nasihat ibunya yang selalu ia pegang: hidup ini layaknya sekotak cokelat, kamu tak akan pernah tahu cokelat seperti apa yang akan kamu dapatkan di dalamnya. Intinya, jika kamu bisa memandang hidup secara sederhana, maka kamu akan menikmati kejutan-kejutan yang ditawarkan olehnya. Mungkin saja saat ini kamu sedang dalam titik terendah dalam hidupmu, namun siapa yang tahu jika dalam 5 tahun ke depan kamu akan menjadi salah satu orang terkaya di kampungmu?

4. A man who doesn’t spend time with his family can never be a real man – The Godfather

Petuah bijak dari pentolan mafia Italia (flickter.com)

Meskipun Don Vito Corleone adalah sosok mafia paling disegani di masanya, namun ia adalah sosok lelaki sejati yang didambakan setiap keluarga. Menurut Don Vito, seorang pria yang tidak pernah bisa menyediakan waktu untuk keluarganya tidak akan bisa menjadi pria sejati. Boleh saja kamu mati-matian mencari nafkah di luar sana, tapi selama kamu lebih mementingkan itu semua dan tidak menyisakan sedikitpun waktu untuk keluargamu, menyaksikan pertumbuhan anakmu, atau bahkan menemani istrimu berbelanja bulanan di supermarket, maka kamu tetaplah belum menjadi lelaki yang sesungguhnya!

5. Hakuna matata! – The Lion King

Persahabatan Simba, Pumbaa dan Timoon yang saling menguatkan membuat SImba yakin bahwa tak ada yang perlu ia khawatirkan lagi (youtube)

Dalam bahasa Swahili, hakuna matata berarti “tak ada yang perlu dikhawatirkan”. Kalimat itu diucapkan oleh Timon dan Pumbaa saat Simba kehilangan ayahnya. Secara sederhana, ini bisa diartikan bahwa kejadian seburuk apapun yang menimpa kita, selalu ada jalan untuk melaluinya, jadi tak perlu mengkhawatirkannya berlebihan.
5 Quote Inspiratif dari Film Legendaris Hollywood 5 Quote Inspiratif dari Film Legendaris Hollywood Reviewed by Diyah Ayu P Putri on 10:19 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.