Ranu Gumbolo Tulungagung

Ranu Gumbolo sepintas kedengarannya mirip Ranu Kumbolo yang ada di gunung Semeru. Eits tetapi Ranu Gumbolo yang satu ini ada di kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Yang pasti merupakan destinasi wisata baru yang menarik perhatian para wisatawan.


Hasil gambar untuk ranu gumbolo tulungagung

Mungkin pemberian nama Ranu Gumbolo terinspirasi dari Ranu Kumbolo, yang beda hanya pada Kumbolo dan Gumbolo. Ranu artinya danau atau kolam, bisa juga diartikan telaga atau air. Sedangkan Gumbolo diadopsi dari kata Kumbolo yang artinya tempat berkumpul.


Bila Anda pernah berkunjung ke Ranu Kumbolo di kaki gunung semeru dan Ranu Gumbolo di Tulungagung ada kemiripan yaitu sungai mirip danau. Meskipun termasuk tempat wisata baru, Ranu Gumbolo ramai dikunjungi para kawula muda dari berbagai daerah.

Gambar terkait

Lokasi wiata ini mulai banyak di kunjungi serta diminati oleh masyarakat Tulungagung dan masarakat luar daerah. Sebenarnya lokasi wisata ini sudah lama ada tapi baru terkenal sekitar tahun 2015 kemarin. Objek wisata Ranu Gumbolo ini biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong para muda-mudi di siang hari sambil menikmati keindahan pemandangan alam yang asri.


Ranu Gumbolo, Tulungagung 3

Selain dijadikan tempat nongkrong para muda-mudi lokasi tersebut juga dimanfaatkan warga untuk memancing ikan. Banyak para penghobi memacing yang datang ke lokasi tersebut mulai dari warga sekitar ataupun masarakat luar daerah. Jenis ikan yang ada di lokasi wisata Ranu Gumbolo ini diantaranya yaitu Ikan Grameh, Ikan Nila, Ikan Mujair, Ikan lele, bahkan kadang ada juga yang menemukan jenis ikan Louhan.

Di lokasi wisata ini masih belum ada retribusinya, alias gratis untuk masuk ke lokasi tersebut. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir montor sekitar kurang lebih Rp 2.000 saja. Lumayan murahkan untuk tempat lokasi yang se secantik itu. Selain itu di sekitar lokasi tersebut sangat bersih, oleh sebab itu para pengunjung sanagat betah untuk menikmati keindahan alam di lokasi wisata Ranu Gumbolo. Dilokasi tersebut pengunjung bisa berfoto-foto atau mengambil gambar di lokasi tersebut. Dikarenakan lokasi ini sangat cocok dan bagus apabila dijadikan sebuah backround foto Anda.


Ranu Gumbolo Tulungagung Ranu Gumbolo Tulungagung Reviewed by Diyah Ayu P Putri on 9:48 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.